Fashion | Hair | Beauty





HAIR
SOLUSI TEPAT MENGATASI RAMBUT BERMINYAK

Masalah rambut berminyak memang banyak di alami semua wanita dan juga pria, apalagi untuk kita yang tinggal di Indonesia dengan iklim tropis. Tinggal di kota dengan cuaca yang panas dan polusi yang mengganggu tentu sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita, salah satunya kulit kepala.  
“Rambut yang berminyak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satu pemicunya bisa karena stress. Stress bisa membuat kadar hormon androgen tinggi yang dapat memicu kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak sehingga rambut menjadi lepek meskipun sudah mencuci rambut. Selain itu faktor konsumsi makanan juga berpengaruh, jadi sebaiknya mengurangi makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak. Gunakan shampoo yang tepat dan perbaiki pola nutrisi,” jelas Dr. Lilik Norawati, SpKK, FINSDV, FAADV.  
Penyebab Rambut Lepek dan Berminyak  
Ada banyak cara untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak. Namun sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi rambut lepek dan berminyak, ada baiknya kita mengetahui tentang penyebab rambut lepek dan berminyak agar kita dapat menentukan untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak. Berikut penyebab rambut lepek dan berminyak.  
 
1. Makanan berlemak  
Makanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya tubuh saja, makanan juga berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Salah satu makanan yang berpengaruh pada rambut adalah makanan yang berlemak, minyak yang terdapat pada makanan berlemak akan dikeluarkan kembali pada pori-pori kulit, tak terkecuali kulit kepala. Dengan, demikian kulit kepala juga rambut menjadi berminyak dan lepek.  
 
2. Hormon  
Hormon juga berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Produksi hormon yang berlebih dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berminyak.  
 
3. Stress  
Stress tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan saja, tetapi juga berdampak pada kecantikan kulit dan rambut. Stress dapat berdampak buruk pada rambut seperti rambut berminyak, lepek, rontok, beruban hingga kebotakan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari stress dengan cara berlibur atau menikmati perawatan rambut di salon untuk relaksasi.  
 
4. Faktor genetik  
Faktor genetik atau faktor keturunan juga menjadi penyebab utama rambut lepek dan berminyak. Jika orangtua Anda memiliki rambut lepek dan berminyak, kemungkinan hal tersebut juga akan diturunkan pada anaknya.  
 
5. Salah dalam merawat rambut  
Salah dalam penggunaan produk kecantikan dan juga dalam merawat rambut juga berpotensi merusak rambut, salah satu akibatnya yaitu membuat rambut menjadi lepek dan berminyak. Baiknya Anda pilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi rambut berminyak. Pilih shampoo yang tidak banyak mengandung busa karena itu mengandung banyak deterjen yang tidak sehat untuk kulit kepala.  
Tips dan Larangan Mengatasi Rambut Berminyak  
Rambut sehat dan berkilau dapat dimiliki oleh siapa pun, termasuk bagi Anda yang memiliki rambut berminyak.  
 
Beberapa tips ini bisa Anda lakukan di rumah sebagai pedoman dasar untuk mengurangi atau mengatasi minyak pada rambut.  
• Mencuci rambut 2-3 hari sekali. Jangan keramas setiap hari karena akan membuat minyak cepat menghilang. Akibatnya, minyak justru akan lebih banyak diproduksi. Selain itu, keramaslah dengan air hangat tapi gunakan air dingin pada bilasan terakhir untuk menutup kutikula dan membuat rambut berkilau.  
• Gunakan shampoo yang minim ingredients  
• Gunakan everyday shampoo khusus untuk rambut berminyak guna menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat rambut menjadi kering.  
• Anda juga bisa menaburkan baby powder pada akar agar rambut tampak tidak terlalu berminyak. Bedak tabur akan menyerap minyak.  
• Mengonsumsi makanan dan minuman sehat.  
• Jangan menggunakan kondisioner di akar rambut karena akan membuat rambut menjadi tambah berminyak. Cukup oleskan di ujung rambut. (CR)  
Caption : “Stress tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan saja, tapi juga berdampak pada kecantikan kulit dan rambut,”  



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013