Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
JANGAN UTAK ATIK JERAWAT

Narasumber : dr. Edwin Tanihaha SpKK – Dermatologist  
 
Kulit sensitive identik dengan kulit berjerawat, jika tidak merawatnya dengan tepat tentu jerawat dan masalah kulit lain bisa timbul dengan mudah. “Kulit berjerawat itu tidak boleh kotor dan berminyak, jadi harus sering dibersihkan seperti selesai beraktivitas jangan menunda membersihkannya. Menangani jerawat juga tidak boleh sembarangan, karena jika tidak benar jerawat akan bisa lebih parah dan akan meninggalkan bekas ketika sudah sembuh,” jelas dr. Edwin Tanihaha SpKK – Dermatologist.  
Setelah jerawat sembuh, kita kerap dihadapkan pada masalah baru yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat pun bermacam-macam ada yang berupa bekas kemerahan, bekas yang menjadi noda hitam hingga yang paling parah kulit wajah menjadi bolong atau yang umum disebut bopeng. Kondisi tersebut lebih sulit dihilangkan dibanding mengobati jerawatnya itu sendiri.  
“Sebaiknya jangan mengutak atik jerawat karena bisa membuat iritasi dan meradang, bahkan bekasnya bisa membuat bolong. Khususnya pada jerawat batu (jerawat yang tidak ada matanya) tidak bisa didiamkan saja harus dilakukan penanganan seperti disuntik dengan cairan anti radang yang kemudian 2-3 hari akan kempes, karena jerawat seperti itu akan memakan collagen kulit sehingga nanti bekasnya menjadi bopeng,” jelas dokter yang sehari-harinya praktek di Siloam Hospital TB. Simatupang ini.  
Bekas bopeng biasanya terjadi ketika peradangan jerawat sangat hebat hingga timbul sampai lapisan terdalam dermis, maka jaringan kulit menjadi rusak. Jaringan kulit yang sudah rusak ini tentunya tidak mudah untuk dikembalikan seperti semula, harus dilakukan oleh dokter kulit. “Jika sudah terlanjur menjadi bolong karena jerawat batu, penanganan yang dilakukan adalah subsisi supaya bopengnya mudah naik. Needle kalau bopengnya sudah naik bisa di laser atau PRP, kalau bopengnya tidak dalam itu bisa hasilnya bisa bagus kalau bopengnya dalam paling hanya bisa 70-80%,” jelas dr.Edwin.  
 
Untuk menghindari bekas bopeng pada wajah, yuk lakukan 5 hal di bawah ini :  
1. Segera Atasi Jerawat  
Seringan apapun kondisi jerawat sebaiknya segera diobati. Jika tidak, jerawat bisa semakin meradang. Ketika jerawat meradang, maka kulit terdalam bisa terluka.  
 
2. Jangan Memegang Jerawat  
Jangan mengutak-atik, memencet dan tidak melakukan stimulasi apapun pada jerawat tersebut. Ketika jerawat dipencet, kulit akan membengkak dan butuh waktu lama untuk memulihkannya.  
 
3. Hindari Make-up  
Jika harus menggunakan make-up sebaiknya aplikasikan tipis-tipis. Gunakan make up ringan seperti bedak tabur dibanding bedak jenis two way cake yang memiliki kandungan berat.  
 
4. Hindari Facial  
Facial merupakan cara mekanik untuk mengeluarkan kotoran. Tapi ketika kulit sedang meradang, maka jerawat tidak boleh dikeluarkan secara paksa. Itu membuat peradangan akan semakin dalam. Bukannya sembuh, kulit malah bisa bopeng.  
5. Konsultasi ke Dokter  
Jika jerawat sudah parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter kulit akan memberikan obat jerawat dan tindakan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. (CR)  
 



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013