Fashion | Hair | Beauty





FASHION
LIVIENNA RUSSELA

Di balik kelembutan wanita tersimpan semangat menyala dan sikap pantang menyerah demi membahagikan keluarga.  
 
Ibu rumah tangga ini tak pernah menyangka usaha rumahan yang diawali dengan niat membantu ekonomi keluarga akan berbuah manis. Sejak menikah dan memiliki seorang anak, aktivitas Livienne Russelia terfokus mengurus keluarga kecilnya. Seiring bertambahnya buah hati dan tuntutan hidup yang makin tinggi, ia mencoba berdagang untuk membantu perekonomian keluarga.  
 


“Dengan keterbatasan waktu dan modal, saya berusaha mencari uang dari hal sederhana yang bisa saya kerjakan saat itu. Sambil mengurus keluarga saya mencoba berbagai jenis pekerjaan mulai dari agen asuransi, menjual sepatu dan pakaian, membuat kue kering, mengemas kacang dan dried food, membuka toko kosmetik, juga menjadi importir dan distributor cosmetic & personal care. Kebetulan saya bukan orang yang gengsian, saya mau kerja apa saja. Besar atau kecil penghasilan tetap saya tekuni, bersabar, yang penting saya melakukan hal positif dan bisa dipertanggung jawabkan sambil mencari peluang yang lebih baik,” kisah ibu 3 putri dan 1 putra yang mulai bekerja sejak tahun 2001.  
 


Untung rugi dalam berbisnis merupakan hal lumrah, tapi Livienne pantang menyerah. Begitupula ketika ia terpaksa gulung tikar karena pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan produk-produk import di saat bisnisnya sedang berjalan baik. Keterpurukan itu justru memberi inspirasi untuk membuka grosir kosmetik di Pasar Asemka hingga akhirnya Tuhan memberi kepercayaan lebih besar pada Livienne untuk membuka pabrik kosmetik PT.Cakra Daya Makmur yang menghasilkan bermacam varian produk perawatan kecantikan wajah, tubuh dan rambut dengan merk dagang Vienna, XL Professionnel, Felinze, Salon Choice Professionnel, MedPro, Sri Ratu, Martinez dan Fio Fantasy. Diantara merk tersebut, rangkaian produk Vienna yang diambil dari penggalan nama Livienne menjadi brand yang memberi kontribusi penjualan terbesar bagi perusahaannya.  
 
“Saya pernah di hadapkan pada situasi sangat sulit, terpaksa menghentikan import kosmetik dan gulung tikar di saat bisnis berjalan bagus. Dari pengalaman menjual kosmetik import itu saya terinspirasi untuk membuat produk kosmetik sebab permintaannya sangat besar. Tahun 2007 mulai membuat lulur dan lotion dengan bahan utama susu kambing. Awalnya saya bikin di luar negeri karena tak memiliki skill untuk bikin sendiri. Setelah melihat kemungkinan untuk dibuat dan dikembangkan di Indonesia saya memutuskan mengelola home industry produk kosmetik dan akhirnya mendirikan pabrik kosmetik di Tangerang,” jelas wanita berusia 40 tahun yang tampak awet muda ini.  
 
 
Menguasai Tiap Detil Kandungan Produk  
Bisa dibilang Livienne adalah sosok yang pertama di Indonesia mengusung konsep mengolah susu kambing menjadi bahan kosmetik. Produk olahan susu kambing yang tersedia di pasaran kebanyakan masih import. Melihat permintaan pasar sangat bagus dan belum ada produsen lokal yang menggarapnya, ditambah kebijakan pemerintah saat itu menjadi peluang besar bagi Livienne. Ia merasa momentumnya pas sekali dan feelingnya sangat tepat.  
 
Menghasilkan produk-produk kosmetik adalah tantangan terbesar sebab baginya kosmetik merupakan paduan science & beauty. Walau Livienne secara otodidak telah mempelajari seluk beluk kosmetik, namun sambil mengendalikan jalannya perusahaan, Sarjana Ekonomi itu rela menginvestasikan waktu untuk mengambil pendidikan pasca sarjana ilmu farmasi kosmetik.  
 
“Saya orang yang idealis, ketika memutuskan berbisnis kosmetik maka saya tak hanya menguasai permasalahan secara teknis tapi juga harus mengetahui ilmunya. Prinsip saya saat membuat kosmetik saya harus menguasai tiap detil kandungan produk, proses pembuatan, distribusi dan lainnya. Kalau kita tidak menguasai pengetahuan secara detil tentu akan sangat riskan,” ungkap Livienne yang 50% karyawannya adalah kaum wanita.  
 


Kesabaran dan kerja keras Livienne terbayar sudah. 10 tahun pabriknya berdiri, kini hampir 9 brand kosmetik berada di bawah kendali managemen PT.Cakra Daya Makmur miliknya. Selain di Tangerang, kantor cabangnya tersebar di beberapa kota. Untuk menjajaki kemungkinan ekspor produk ke mancanegara, tak segan ia membuka diri dengan rutin mengikuti pameran dagang di luar negera.  
 
Walau kesibukan bertambah, naluri sebagai wanita yang ingin selalu dekat dengan keluarga tetap melekat padanya. Memanjakan tubuh dengan pijat, facial, lulur dan lainnya lebih sering dilakukan di rumah agar quality time bersama keluarga selalu terjaga. (RA)  
 
 
Model : Livienne Russelia  
Make up & hair do : Iis Turisa - Irwan Team Hair Design  
Fotografer : Ferry Zulfrizer  



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013