Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY HEALTH
Hani Gani : BODYBUILDER CANTIK PENUH INSPIRASI

Mendengar kata bodybuilder pasti yang terbayang adalah sosok yang berotot besar dan urat di bagian tubuhnya terlihat sekali. Namun, jika melihat sekilas penampilan Hani Gani yang cantik dan ramah ini pasti tidak menyangka kalau profesinya adalah seorang personal trainer dan juga bodybuilder. Bahkan, ia pernah terpilih sebagai Runner Up Miss Bikini Musclemania Asia 2014.  
Jangan Takut Angkat Beban  
“Banyak yang berpikir kalau binaragawati pasti gede banget badannya, tapi kalau sudah latihan perempuan itu susah untuk jadi besar ototnya, yang pertama karena bukan kodratnya, kedua karena federasi saya itu natural jadi tidak pakai steroid dan obat-obatan lainnya, jadi ototnya tidak bisa besar sekali, perempuan juga tidak punya testoteron jadi tidak akan terbentuk jadi besar,” tegasnya. Menggeluti bidang bodybulding olahraga yang dilakukannya adalah angkat beban, Hani juga menjelaskan bahwa kita para wanita tidak perlu takut badan akan menjadi berotot besar, justru olahraga angkat beban dengan waktu latihan 30-40 menit lebih efektif dari pada hanya lari di atas treadmill.  
 
“Seminggu 3 kali olahraga 30-45 menit sehari cukup untuk sehat. Jika ingin membentuk tubuh, lakukan angkat beban dalam durasi yang sama lebih banyak manfaat dan perubahan daripada untuk lari di threadmill saja. Waktu olahraga tidak ada aturan baiknya kapan, pagi boleh, siang, sore atau malam, disesuaikan dengan gaya hidup kita. Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) juga sangat efektif sekali dari pada cardio, misalnya squat 10 kali dan gerakan lainnya, do it as many as you can, lebih baik sedikit dari pada tidak sama sekali,” jelasnya.  
“Kalau punya waktu sedikit dan ingin olahraga dengan hasil yang maksimal, lakukan Resistance training. Olahraga ini bagus untuk membentuk postur tubuh yang baik, jadi tidak bungkuk, semakin bertambah usia tubuh jadi lebih kencang dan tentu penampilan jadi lebih muda,” ujar Hani.  
Bagaimana mengatur pola makan?  
Tidak ada pantangan dalam makan, intinya kita harus mengedukasi diri kita makanan ini gunanya apa untuk tubuh kita. Pada waktu makan, kita harus lebih bijaksana mengonsumsi makanan yang bagus untuk tubuh, dari pada makan mie ayam, lebih baik ayam dan capcay, sayur dibanyakin. Perlu diperhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, kalau makan ayam ya kandungannya protein, gado-gado itu sehat dapet sayur dan ada kacang dari protein. Bagus konsumsi yang banyak protein, diet jangan dipikirkan gak boleh makan pagi atau makan malam, tapi lebih ke sumber makanannya seperti apa yang dikonsumsi. Lemak bukan berarti jelek ada lemak baik dari ikan dan buah juga.  
 
Pernah Obesitas!  
“Saya dulu obesitas dari kecil berat badan saya waktu kuliah itu 95 kg. Dulu waktu sekolah susah cari seragam karena gak bisa beli di toko, jadi harus jahit di tukang jahit dan waktu badan gendut juga susah punya pacar,” jelasnya sambil menggelak tawa. Kala itu tidak mudah bagi Hani juga menurunkan berat badan Beberapa kali diet hasilnya selalu yoyo, habis turun gampang naik lagi, “Hingga suatu ketika kebetulan adik saya pacaran sama bodybuilder. Dia jadi sering ke gym dan ngajakin saya. Pertama ke gym saya lihat seru juga nih, olahraganya sebentar tapi lumayan bisa nampang sama cowok-cowok di gym hahaha. Awalnya saya diajarin latihan kemudian sampai saya jadi bisa latihan sendiri, waktu itu dalam setahun berat badan saya turun sampai 10 kg biar pun cuma turun segitu tapi udah lumayan banget. Biarpun butuh waktu lama tapi hasilnya gak yoyo,” jelasnya. Serius berolahraga dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat membuat Hani kini terlihat lebih muda dari usianya, baginya olahraga itu harus dibawa senang. “Tips dari saya untuk bisa menahan diri dari makanan yang manis dan berlemak, disiplin pada diri sendiri, bilang ke diri kita boleh makan manis tapi makan sayur dulu, biasanya setelah makan sayur jadi kenyang dan jadi malas makan lagi. Untuk Anda yang sekarang hanya olahraga kardio, coba lakukan resistance training untuk hasil maksimal,” tutupnya. (CR)  



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013