Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
7 MASALAH INI DAPAT MERUSAK KECANTIKANMU (3) Cegah Dan Hilangkan Selulit Dengan Cepat

3.CEGAH DAN HILANGKAN SELULIT DENGAN CEPAT  
Selulit merupakan hal yang paling dibenci oleh kaum wanita karena kehadirannya sangat mengganggu penampilan. Selulit tentu bisa membuat Anda tidak percaya diri untuk mengenakan celana pendek atau baju renang. Selulit memang bukanlah kondisi medis yang serius, selulit biasanya di identikkan dengan tubuh yang kegemukan, namun wanita dengan tubuh tidak gemuk ternyata juga bisa memiliki selulit.  
 
Lebih dari 85Ė 90% perempuan mengalaminya dengan bentuk dan ukuran tubuh yang berbeda. Umumnya selulit terdapat di paha, bawah perut, belakang pantat. Penyebabnya pun dapat bermacam-macam seperti dehidarasi, kondisi dan warna kulit, merokok, hormonal, ataupun kurangnya melakukan aktivitas fisik yang memberikan banyak manfaat.  
 
Menghilangkan selulit bukanlah hal yang mudah, namun untuk menguranginya tidak ada salahnya mencoba beberapa cara.  
 
Krim anti selulit  
Cara ini cukup praktis karena Anda cukup mengoleskan secara teratur, krim ini dapat mencegah dan mengurangi selulit. Gunakan krim yang mengandung retinol dan kafein yang dipercaya dapat mengurangi selulit tetapi hati-hati dengan bahan kosmetik berbahaya yang mungkin saja terkandung di dalam krim tersebut.  
 
Filler  
Suntikan filler seperti Radiesse dan Restylane terbukti dapat membantu sebagai cara menghilangkan selulit, tetapi cara ini hanya menghilangkan selulit untuk sementara.  
 
Laser  
Energi laser dapat melelehkan lemak di bawah kulit, memecah serat yang mengumpul di bawah kulit serta menstimulasi produksi kolagen.  
 
Wraping  
Membungkus sebagian atau seluruh tubuh menggunakan pembungkus khusus untuk pengurangan cairan dan memperbaiki penampilan kulit. Tetapi, umumnya efeknya hanya bersifat sementara.  
 
Pijat  
Pemijatan bertujuan memperlancar aliran darah, membakar dan melarutkan lemak di bawah jaringan kulit. Salon dan klinik kecantikan biasanya menawarkan pijat endermologie menggunakan alat penghisap danrol, sekitar 45 menit sebanyak 2 kali seminggu selama beberapa bulan. Tetapi Anda juga dapat memijat sendiri di rumah dengan gerakan melingkar untuk memecah selulit dan dibarengi pemakaian bahan alami atau krim anti selulit.  
 
Sikat tubuh  
Menyikat tubuh dalam keadaan kering untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah dan menyingkirkan racun yang mulai terbentuk dalam tubuh menggunakan sikat lembut dari bahan alami selama 5 menit secara rutin. Sikat lembut area selulit mulai dari sisi kanan ke kiri, serta mengarah ke jantung untuk memperbaiki aliran sirkulasi darah. Setelahnya, mandilah untuk membersihkan semua kotoran dan sel kulit mati.  
 
Bahan alami  
Cara tradisional yang hampir tidak memiiki efek samping patut diperhitungkan, misalnya mengoleskan ampas kopi di bagian tubuh yang terdapat selulit, diamkan 20 menit dan bilas dengan air, mengoleskan lidah buaya setiap hari atau mengoles cuka apel sebelum tidur malam ke bagian selulit dan dibilas air bersih hingga esok paginya.  
 
Olahraga  
Olahraga membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga tubuh mengalami penyusutan dan kencang. Selulit yang merupakan kulit pecah akibat pembesaran tubuh akan hilang dengan sendirinya.  
 
Pola makan  
Kurangi makanan asin, cepat saji, gula, kue kering, alkohol dan perbanyak protein, karbohidrat kompleks, anti-oksidan dan perbanyak minum air.(NG)  
 
Pencegahan :  
1. Saat hamil menjaga berat tubuh setidaknya berat tubuh naik maksimal 11 kg.  
2. Setelah mandi, oleskan krim atau minyak untuk menjaga elastisitas kulit khususnya saat hamil.  
 
PERBEDAAN SELULIT DENGAN STRETCH MARK  
Narasumber : dr. Jessica Gunawan - The Clinic Beautylosophy  
 
Selulit merupakan timbunan lemak di bawah lapisan kulit. Jika dilihat, kulit yang berselulit terlihat seperti tidak rata atau bertekstur. Selulit akan tampak jelas jika dicubit atau ditekan berupa guratan di bawah kulit seperti kulit jeruk. Berbeda dengan stretch mark akan langsung terlihat dengan jelas berupa guratan di permukaan kulit.  
 
Bingung menilai selulit atau stretch mark yang ada di tubuh kita. Simak tanya jawabnya di bawah ini.  
 
Apa sebenarnya selulit dan apa saja penyebabnya?  
Selulit dikenal juga dengan sindroma kulit jeruk yang terjadi karena herniasi lemak subkutan ke dalam jaringan ikat fibrosa yang menyebabkan timbulnya lekukan di permukaan kulit dan benjolan tidak merata, sering ditemukan di area pinggul, bokong, paha belakang dan perut. Sering terjadi pada wanita pubertas, jarang ditemukan pada pria. Dapat disebabkan juga karena perubahan metabolisme, kebiasaan diet dan olah raga, faktor hormonal dan herediter (keturunan).  
 
Apa bedanya selulit dan stretch mark, karena kebanyakan orang sering salah membedakannya?  
Orang awam sering terbalik menyalah artikannya. Selulit itu penumpukan lemak pada tempat yang tidak semestinya, penampakannya permukaan kulit tidak rata, benjolan tidak rata sedangkan stretch mark adalah gurat peregangan, gurat-gurat putih pada permukaan kulit. Sering terjadi pada perempuan yang sedang hamil.  
 
Apakah selulit dan stretch mark bisa dihilangkan?  
Selulit dan stretch mark keduanya bisa dihilangkan. Tetapi tergantung kasusnya, bisa hilang 100% atau tidak. Untuk selulit, treatment yang bisa dilakukan dengan injeksi penghancur lemak dikombinasi dengan radiofrekuensi (exifirm). Untuk stretch mark tergantung sudah berapa lama dan warna dari stretch marknya, jika masih kurang dari 1 tahun bisa hilang dengan treatment fractional laser dengan aplikasi serum stemcell growthfactor untuk merangsang kolagenisasi.  
 
Benarkah selulit bisa dihilangkan dengan cara olahraga? Apakah cara itu efektif?  
Selulit bisa dibantu terapi suportif dengan olah raga untuk membantu membakar lemak. Cara ini akan efektif bila dikombinasi dengan treatment exifirm dan injeksi lipolisis.  
 
Perlukah dilakukan diet untuk menghilangkan selulit di tubuh?  
Diet rendah lemak juga merupakan terapi suportif untuk menghilangkan selulit. Tapi memang harus dikombinasi dengan treatment exifirm dan injek lipolisis.  
 
Efektifkah penggunaan cream penghilang selulit atau stretchmark?  
Penggunaan cream topikal untuk menghilangkan selulit dan stretch mark tidak efektif sama sekali.  
 
Apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar tubuh tidak ada selulit?  
Do : Diet sehat, olahraga teratur, aktivitas ditingkatkan.  
Doníts : Konsumsi junk food, fast food.  
 
Jadi ladies, kita tidak perlu khawatir apabila memiliki selulit di tubuh. Jika sudah terlanjur memiliki selulit, ada cara-cara di atas untuk menghilangkanya. Namun, alangkah baiknya jika kita menjaga bentuk tubuh agar ideal dengan konsumsi makanan sehat serta dibarengi dengan olahraga teratur agar tubuh sehat dan jauh dari selulit. (CR)  



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013