Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
7 MASALAH INI DAPAT MERUSAK KECANTIKANMU (4) Varises, Bukan Sekadar Mengganggu Penampilan

Narasumber : dr. Jessica Gunawan - The Clinic Beautylosophy  
 
Varises, kerap dianggap masalah sepele orang banyak orang dan hanya dianggap menganggu estetika atau penampilan. Lalu, apakah varises hanya masalah kecantikan atau memang penyakit?  
Banyak yang tidak menyadari kalau varises itu bukan soal kecantikan saja, tapi berupa penyakit Vena kronis. Sebenarnya varises dapat terjadi pada semua bagian tubuh, tapi umumnya lebih sering terjadi pada bagian betis. Bagi kaum wanita, varises sangat mengganggu penampilan, apalagi salah satu penyebabnya karena seringnya mereka memakai high heels. Bahkan, gejala dan akibat yang ditimbulkan oleh varises pun berbeda-beda antara mereka yang hamil dan tidak hamil. Lebih ekstrim lagi sering orang awam justru memijat bagian varises tersebut dengan maksud cepat menghilangkannya lewat bantuan cream yang dijual bebas, padahal ini dapat berakibat fatal, membuat pembuluh darah pecah yang dapat berujung kematian. Agar tidak salah memahami dan menangani varises, simak wawancara kami dengan dr. Jessica Gunawan dari The Clinic Beautylosophy.  
 
Apa itu varises?  
Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki atau betis akibat penumpukan darah. Orang-orang yang menderita varises, pembuluh venanya dapat terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin. Mengapa sering di daerah betis? Karena tekanan paling besar ada di betis saat kita berdiri atau berjalan. Penyebabnya karena lemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam pembuluh vena, ada katup yg berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar.  
 
Apakah varises bisa dihilangkan dan bagaimana caranya?  
Cara untuk menghilangkan varises bisa dengan menggunakan stoking anti varises atau disebut bebat kompresi. Hindari berdiri terlalu lama dan luangkan beberapa saat untuk mengistirahatkan kaki dalam posisi tubuh direbahkan dengan diberi penyangga (posisi kaki lebih tinggi dari badan). Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan dan olah raga teratur. Cara tersebut untuk kasus varises yang masih ringan atau tahap awal. Jika varises sudah lama terjadi, dengan gejala kaki terasa berat dan tidak nyaman, kulit tampak kering sampai keram otot kaki maka pengobatan varises harus dengan dokter, bisa dengan skleroterapi (operasi penutupan pembuluh vena) atau dengan endothermal ablation. Dengan cara operasi, maka varises bisa hilang sempurna.  
 
Apa yang perlu dihindari agar tidak terjadi varises di tubuh?  
Yang perlu dihindari agar tidak terjadi varises, jangan berdiri terlalu lama, dan obesitas. Penggunaan high heels juga dapat memicu terjadinya varises karena beban tumpuan kaki menjadi bertambah.  
 


PENYEBAB VARISES PADA BETIS DAN KAKI  
 
1. Kehamilan  
Pada saat hamil, tubuh seorang ibu akan mengalami peningkatan volume darah yang cukup signifikan, namun menghambat aliran darah dari kaki menuju ke panggul. Perubahan sirkulasi darah semacam ini sebenarnya dirancang untuk memacu pertumbuhan janin, tetapi sayangnya sangat tidak baik untuk pembuluh darah vena. Sebab sirkulasi darah dalam vena mengalami hambatan ketika menuju ke atas (jantung).  
 
Perubahan hormon selama masa kehamilan semacam ini sebenarnya cukup baik. Tidak perlu risau, karena biasanya varises yang disebabkan kehamilan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus kamu melakukan tindakan medis. Hanya saja akan memerlukan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 3 bulanan lebih.  
 
2. Usia, biasanya lebih dari 60 tahun  
Seiring dengan bertambahnya usia, pembuluh vena kamu akan mengalami penurunan elastisitas/kelenturan. Menurunnya elastisitas inilah yang menyebabkan pembuluh vena mudah melebar atau membesar.  
 
Selain itu, memasuki usia tua katup vena juga mengalami penurunan kinerjanya. Dimana seharusnya katup tersebut bertindak menahan darah agar masuk ke jantung, tetapi karena katup tersebut melemah malah justru membuat darah kembali mundur ke bagian vena. Oleh karenya tekanan darah yang cukup tinggi, menyebabkan pembuluh vena menjadi melebar dan munculah varises.  
 
3. Menopause  
Menopause merupakan sebuah kondisi seseorang yang sudah tidak produktivitas lagi dalam menghasilkan keturunan. Biasanya menopuase dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi pil KB, suntik KB, dan implan. Memang pil KB cukup bermanfaat untuk mencegah ibu hamil, namun dibalik itu semua sebenarnya KB buruk untuk kondisi vena.  
 
Ketika mengonsumsi obat-obatan dari KB, baik itu suntik pil ataupun implan hormon estrogen dan progesteron pada obat tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan pembuluh vena menjadi membesar. Selain itu, hormon tersebut juga berpotensi melemahkan sirkulasi pembuluh vena dan bahkan katup vena.  
 
4. Olahraga secara berlebihan  
Penyebab varises satu ini biasanya dialami oleh seseorang yang selalu menekuk/melipatkan kakinya setelah jogging atau melakukan aktivitas olahraga. Aktivitas fisik seperti olahraga secara tidak langsung membuat sirkulasi darah menjadi naik, baik dari arteri ataupun vena.  
 
Apabila sirkulasi darah yang tinggi tersebut terhambat saat kaki akibat ditekuk, maka pada bagian tersebut pembuluh vena akan mengalami pembengkakan. Oleh sebab itu, selalu luruskan kaki Anda setelah melakukan olahraga minimal 30 menit.  
 
Untuk mengenali penyakit satu ini sangatlah mudah sekali, sebab gejala varises sendiri bisa terlihat dengan mata telanjang. Adapun gejala munculnya penyakit varises antara lain:  
 
Timbul warna kebiru-biruan: tanda ini muncul tepat pada aliran pembuluh vena kaki Anda. Apabila ada pembuluh yang berwarna kebiru-biruan dan berkelok-kelok, berarti Anda menderita varises.  
Pada bagian vena tertentu terasa sakit: gejala ini sebenarnya tidak semua penderita varises mengalami. Namun bila Anda mengalami rasa sakit pada bagian pembuluh vena tertentu, itu berarti varises sudah cukup parah.  
Muncul borok: apabila varises tersebut sudah cukup parah biasanya pada bagian pergelangan tertentu akan menyebabkan borok pada pergelangan.  
 
 


MENGHILANGKAN VARISES CEPAT DAN MUDAH  
 
Berikut ini cara menghilangkan varises dengan berbagai solusi. Yuk, simak.  
 
Natural  
Iris tipis tomat, oleskan dan tempelkan isirisan tomat ke varises hingga terasa gatal atau tidak nyaman. Jika terasa seperti terbakar, bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari dan hasilnya akan dirasakan minimal setelah 2 minggu. Substansi asam yang mengandung anti koagulanakan membantu mangalirkan darah dalam pembuluh vena dan kapiler. Selain tomat, cuka sari apel, bawan putih dan daun peterseli juga dapat membantu menyembuhkan varises  
 
Kompresi  
Tekanan lembut dan konsisten pada stoking kompresi sudah dicoba dan teruji untuk varises. Bila digunakna pada tahap awal varises, stoking dapat menghentikan bahkan mengembalikan varises. Agar efektif dan mengetahui jenis yang cocok sesuai kondisi Anda, ikuti nasehat medis.  
 
Pijat  
Pijat merupakan cara aktif meningkatkan sirkulasi darah, tetapi jangan menekan langsung pada vena menggembung karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijitan dengan sangat lembut, ringan dan teratur di daerah rawan varises dengan arah menuju jantung dengan lembut dan menggunakan minyak esensial untuk efek menenangkan.  
 
Aktif beraktivitas  
Jantung memompa darah ke arteri dan kembali ke jantung dari kaki dibantu oleh gerakan otot betis. Ini sebabnya tubuh harus tetap aktif dan menghindari berdiri dan duduk terlalu lama. Saat duduk lama, gerakkan pergelangan kaki secara melingkar dan naik turun. Saat berdiri pindahkan berat badan dari satu kaki ke yang lain atau jinjit berulang-ulang untuk meningkatkan sirkulasi.  
 
Gaya hidup  
Hindari pakaian ketat terutama celana ketat agar peredaran lancar, sepatu hak tinggi agar otot betis kuat, jika mengalami obesitas lakukan diet sehat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh vena dan tetap berolahraga. Olahraga yoga dapat menolong tubuh menjadi lebih fleksibel dan elastis sehingga dapat menurunkan varises dan mengobatinya secara perlahan.  
 
Angkat kaki  
Setelah beraktivitas, berbaringlah dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Bagi penderita varises, usahakan tidur dengan posisi ini sepanjang malam, guna melancarkan aliran darah ke jantung.  
 
Medis  
Berbagai tindakan medis dapat menjadi piihan untuk mengatasi varises seperti :  
Vena Endoskopi  
memasukkan endoskopi ke dalam vena dan memanfaatkannya untuk supaya vena dapat ditutup dari dalam.  
Laser  
Kekuatan sinar laser diarahkan pada vena varises agar varises menghilang, tetapi kurang begitu efektif pada ukuran varises yang lebih besar dari 3mm. Prosesnya sendiri menimbulkan rasa sakit dan pasien memerlukan 2-5 kali pengobatan.  
Ablasi termal endovenous  
Pengobatan varises secara medis melalui gelombang radio atau laser yang dokter akan pakai dengan mengeluarkan panas yang kuat.  
Skleroterapi  
Atau microsclerotherapy merupakan pengobatan injeksi yang memicu penutupan varises vena. Pengobatan model injeksi yang akan memicu penutupan varises vena sehingga nantinya akan memudar.  
Pembedahan  
Dilakukan sayatan kecil untuk menyingkirkan varises baik sebagian ataupun total kemudian dialihkan ke pembuluh darah yang lainnya.  
 
Pencegahan  
Makanan pedas seperti cabe rawit dan jahe mengandung zat yang dapat membantu mengurangi selulit.  
Jangan duduk dengan kaki disilangkan atau memangku satu kaki dalam waktu lama karena dapat memotong sirkulasi dan menyebabkan spider veins.  
Batasi konsumsi garam karena garam merupakan penyebab utama terjadinya spider veins.  
Gunakan Sunscreen agar spider veins tidak terlihat semakin buruk. (NG)  
 



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013