Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
7 MASALAH INI DAPAT MERUSAK KECANTIKANMU (5) Post Waxing

 
Waxing memang menjadi alternatif yang mudah, praktis dan tidak memakan waktu yang lama. Namun setelah waxing, seringkali terjadi iritasi atau masalah lainnya. Memang, ruam tidak akan terjadi seketika setelah proses waxing. Beberapa saat setelahnya, jika Anda melakukannya di salon, ruam akan terlihat saat Anda sampai di rumah  
 
SEBELUM  
1. Tunda waxing dalam tiga hari sebelum dan sesudah masa haid, sebab kulit cenderung lebih sensitif karena perubahan hormon sehingga saat waxing terasa lebih sakit dan lebih mudah iritasi.  
 
2. Jangan mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit seperti obat sakit kepala untuk menghilangkan rasa sakit sebelum wax. Obat sakit kepala akan membuat aliran darah menyempit dan dapat menyebabkan pendarahan ataupun memar. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk obat penghilang rasa sakit seperti salep  
 
3. Jangan menggunakan produk scrub menjelang waxing, scrub berisiko membuat kulit-kulit halus ikut terangkat pada saat waxing. Lakukan scrub 3 hari setelah waxing untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat rambut baru terperangkap di dalamnya.  
 
4. Jaga kelembaban kulit, kulit yang kering akan membuat proses waxing terasa lebih menyakitkan.  
 
SETELAH  
1. Jangan menyentuh area yang baru saja di wax karena bisa membawa dan menyebarkan bakteri ke pori-pori kulit yang sedang terbuka. Hal ini juga untuk menghindari iritasi atau jerawat kecil. Bagi Anda yang melakukan Brazilian waxing, hindari hubungan tubuh selama 48 jam.  
 
2. Sesampai di rumah, siramkan daerah yang teriritasi dengan air dingin yang mengalir selama 5 menit lalu segera kompres dengan air es. Air es akan meredakan rasa sakit, kulit kemerahan dan menjadikan benjolan mengecil. Jangan mengoleskan/menaruh es secara langsung. Bungkus beberapa buah es atau kantong es dalam kain.  
 
3. Oleskan gel lidah buaya apalagi yang sudah didinginkan di lemari es ke kulit iritasi diamkan lalu bersihkan dengan air, air mawar untuk kulit kering untuk dapat mengurangi benjolan merah atau ruam dan menenangkan kulit, atau rendam kantong teh dalam air dingin lalu oleskan ke daerah yang perih atau iritasi.  
 
4. Atau taburkan bedak bayi setelah waxing supaya pori-pori kulit tertutup dan mengurangi iritasi serta rasa sakit akibat waxing.  
 
5. Jaga kelembaban kulit setelah waxing agar kulit dan rambut baru menjadi halus, juga mengurangi rasa sakit saat waxing berikutnya. Tetapi selama 24 jam biarkan kulit terbebas dari produk apapun dan jaga kebersihan, setidaknya gunakan lotion, gel atau deodoran keesokan harinya dan jangan berenang baik di kolam renang ataupun pantai.  
 
6. Hindari pakaian ketat setelah waxing untuk meminimalkan terjadinya iritasi dan infeksi pada kulit. Berikan ruang untuk kulit bernafas.  
 
7. Saat mandi, tinggalkan sementara alat mandi seperti loofah untuk menggosok tubuh, area waxing akan menjadi lebih sensitive dan mudah luka.  
 
8. Setelah waxing, hindari suhu panas baik itu sauna, berjemur, air hangat atau apapun. Panas dapat memperburuk ruam dan iritasi. (NG)  
 



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013