Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
7 MASALAH INI DAPAT MERUSAK KECANTIKANMU (6) Hapus Tato Secara Permanen

 
Proses menua dan pengaruh gravitasi dimana kelembaban kulit mulai berkurang, kulit mengerut dan bergelambir, menjadikan bentuk dan gambar tato tidak seindah saat kita muda. Ketika ini terjadi, terlintas keinginan untuk menghapus tato.  
 
Lukisan di tubuh atau tato akan menempel di kulit sepanjang hayat dan mereka yang memilih tato permanen telah memahaminya. Namun bagi yang menyesal atau kurang puas akan bentuknya lalu ingin menghapusnya, ada beberapa cara yang bisa dipilih mulai dari mengiris kulit hingga menggunakan laser.  
 
Walau ada beberapa pilihan tentu tak semuanya aman. Pada beberapa kasus, menghilangkan tato permanen dapat menimbulkan bekas luka yang secara estetika justru akan mengganggu penampilan dibandingkan kehadiran tato itu sendiri. Maka pikirkan segala risiko yang akan timbul sebelum membuat tato agar tak menyesal di kemudian hari.  
 
Kelebihan dan kekurangan beberapa teknik menghilangkan tato antara lain :  
 
1. Dermabrasi  
Teknik ini memakai sejenis amplas atau butiran pasir untuk menggosok kulit hingga lapisan paling luarnya terkelupas. Tinta tato yang terletak di bawah lapisan tersebut kemudian dikikis dengan pisau bedah oleh seorang dokter kulit. Meski mudah dan relatif murah, cara ini memiliki kerugian yakni rasa sakit yang luar biasa terutama jika ukuran tatonya cukup besar. Teknik ini berisiko menyebabkan luka, bahkan sering meninggalkan bekas jaringan parut yang lebih tidak menarik dibandingkan tato itu sendiri.  
 
2. Mengiris Kulit  
Teknik lain yang cukup mudah meski tetap harus dilakukan oleh dokter adalah mengiris kulit yang bertato. Risiko terbentuknya jaringan parut pada teknik ini lebih besar dibandingkan dermabrasi, sehingga hanya dilakukan pada jenis tato yang tidak terlalu besar. Mengiris kulit hanya dilakukan pada tato berukuran besar jika teknik lain tidak berhasil menghilangkannya. Misalnya karena tintanya terlalu dalam meresap ke dalam kulit atau jenis tintanya memang sulit untuk dihilangkan dengan cara lain.  
 
3. Cryotherapy  
Tato juga bisa dihilangkan dengan menggunakan nitrogen cair yang suhunya berada di bawah titik beku. Jaringan kulit yang ditetesi cairan tersebut akan membeku dan hancur, kemudian luruh bersama tinta tato yang pada lapisan di bawahnya. Kelemahan teknik yang disebut cryotherapy ini adalah memicu kerusakan kulit yang serius. Dokter tidak bisa menghancurkan tinta tato yang letaknya di bawah kulit, tanpa merusak permukaan terluar dengan hanya meneteskan nitrogen cair di atasnya.  
 
4. Krim Anti-Tato  
Serupa dengan cryotherapy, krim anti tato juga bekerja dengan cara menghancurkan tinta tato agar bisa luruh dari permukaan kulit. Krim semacam ini umumnya berisi larutan trichloroacetic acid (TCA) yang akan bereaksi dengan tinta namun lebih aman bagi kulit. Kerugiannya tak lain adalah harganya yang cukup mahal, yakni sekitar US$ 100 untuk pemakaian rutin selama 2 bulan. Selain itu, efektivitasnya relatif rendah sehingga lebih tepat disebut menyamarkan tato dan tidak dijamin akan hilang 100 persen.  
5. Laser  
Teknologi paling mutakhir untuk menghilangkan tato adalah laser, yang cukup efektif sekaligus paling aman bagi kulit. Prinsipnya adalah mengurai partikel tinta di bawah permukaan kulit, agar dapat dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh alami manusia. Meski aman, teknologi ini cukup mahal, kadang butuh waktu lebih lama untuk menghilangkan warna tertentu misalnya merah, hijau, oranye dan putih. Beberapa orang yang kulitnya sensitif juga dianjurkan memakai tabir surya setelah menjalani prosedur ini.  
 
“Penggunaan teknologi laser merupakan salah satu metode terbaik hingga saat ini. Hasilnya pun sangat efektif dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Kombinasi hasil dan keamanan itu diperoleh dari mekanisme kerja laser yang dapat menghancurkan pigmen warna tato, dilanjutkan dengan penghancuran sisa tato oleh sistem pertahanan tubuh,” terang dr.Indah Widyasari SpKK, dari ZAP Clinic.  
 
Tato Hitam Bisa Berhasil 90%  
Sebenarnya tehnologi laser untuk menghapus tato sudah dikenal di Indonesia sekitar 15 tahun namun booming kembali saat ini seiring banyaknya pemilik tato yang ingin menghapus gambar di tubuhnya karena berbagai alasan.  
 
Ada beberapa jenis mesin laser yang bisa digunakan antara lain Nd-Yag laser, Alexandrite dan Ruby Laser. Seperti halnya pewarnaan rambut yang menyediakan beberapa variasi warna dasar, tato pun demikian, misalnya blue-black, black-black, brown dan red, maka pemilihan jenis laser pun akan disesuaikan dengan warna tato, ketebalan dan kedalamannya.  
 
Semua jenis laser sensitif terhadap warna, tergantung warna yang diaplikasikan. Fungsi utama laser Nd-Yag adalah menstimulasi kolagen dan karena sensitif terhadap warna sehingga bisa digunakan juga untuk mengoreksi pigmentasi dan menghilangkan tato warna gelap seperti hitam dan coklat dengan prosesnya cepat hasilnya pun sangat halus.  
 
Tato warna hitam paling gampang dihilangkan, cukup pakai mesin Nd-Yag. Untuk tato hijau dan biru tidak bisa dihilangkan dengan mesin Nd-Yag, harus pakai Alexandrite. Tato warna merah paling sulit dihilangkan karena lebih masuk ke dalam jaringan kulit dibandingkan warna hitam, maka hanya bisa dihilangkan dengan Ruby Laser.  
 
Menghapus tato hitam bisa berhasil mengembalikan kondisi kulit hingga 90%, sementara tato berwarna jarang sekali berhasil mengembalikan kondisi kulit seperti semula. Akan ada bekas pola tatonya. Karena itu, berpikirlah jauh ke depan sebelum membuat tato karena biaya menghilangkannya jauh lebih mahal dibanding membuatnya, mulai dari 1 juta Rupiah untuk menghapus tato warna hitam dan coklat. Umumnya biaya akan diestimasi setelah melihat besar tato, kedalaman dan juga warnanya.  
 
Memerlukan waktu cukup lama untuk menghilangkan tato agar biasnya keluar dan hingga akhirnya memudar. Untuk tato hitam minimal 2 hingga 10 kali tembakan laser, tergantung kedalaman, ketebalan dan ukuran tato. Kalau terlalu dalam memerlukan power laser yang tinggi sekali, otomatis ada risiko berdarah. Biasanya kalau ada yang ingin menghilangkan tato, dokter akan memakai power kecil dahulu untuk melihat respon pada kulit terhadap energi laser.  
 
Memakai Ruby laser sudah pasti berdarah, tapi daripada tindakan lain yang berbahaya dan lebih merusak kulit, Ruby Laser relatif aman dan cepat. Karena memiliki risiko berdarah sebaiknya hindari minum obat pengencer darah agar pendarahan yang timbul saat menghapus tato dapat cepat terhenti. Biasanya pasien akan diberi antibiotik untuk menghindari luka berlebihan dan risiko infeksi. Disarankan juga agar selama 24 jam tidak terkena air.  
 
Banyak yang mengira warna tato dapat memudar akibat sinar matahari, padahal kulit keringlah yang membuat warna tato seolah memudar. Kulit adalah organ terbesar dari seluruh tubuh kita tetapi menjadi penerima nutrisi paling terakhir dibanding organ lainnya. Itu sebabnya kita perlu memakai krim agar nutrisi yang tidak sampai ke kulit dapat diantisipasi dengan topikal. Kalau mau kulit tetap sehat, lembab dan keriput melambat, pakai vitamin kulit yang bagus yang secara otomatis membuat tato tetap bagus karena kulit di sekitarnya mendapat nutrisi dari luar dan dalam. (RA)  
 



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013