Fashion | Hair | Beauty





BEAUTY
7 MASALAH INI DAPAT MERUSAK KECANTIKANMU (7) Waspadai Kulit Kepala Berketombe

 
Narasumber : dr. Syarief Hidayat SpKK, dr. Amaranila Lalita Drijono Sp.KK  
 
Rambut yang bagus bukan hanya rambut yang tumbuh lebat, dan juga rambut yang kuat saja, tetapi rambut yang bersih juga salah satu ciri rambut yang bagus. Rambut yang bersih yaitu rambut yang bebas dari ketombe. Karena salah satu permasalahan rambut yang dihadapi yaitu rambut yang kotor karena ketombe. Rambut yang memiliki ketombe akan terlihat kotor, karena ketombe yang memiliki warna yang putih, akan sangat terlihat jelas apabila menempel di rambut yang warnanya hitam. Rambut yang memiliki ketombe tidak baik karena selain ketombe yang menempel banyak di rambut dapat di lihat oleh orang lain dan juga memalukan. Maka dari itu, banyak yang tidak nyaman apabila memiliki ketombe di rambutnya. Rambut yang memiliki ketombe juga akan menyebabkan kulit kepala sering gatal, sehingga ketika sedang di tempat untuk menggaruk kepala yang gatal terasa tidak nyaman, ketombe juga bisa rontok dan terlihat jelas di pakaian yang memiliki warna yang gelap.  
Jangan Anggap Remeh Masalah Ketombe  
Ketombe adalah gejala penyakit yang terjadi pada kulit kepala. Ketika kulit kepala mengalami iritasi salah satu bentuknya adalah ketombe. Penyebab ketombe bisa karena jamur, hormonal, atau kelebihan kelenjar minyak. Ketombe juga bisa menandakan kepala Anda mengalami alergi terhadap bahan kimia yang terdapat dalam shampoo, kondisioner, atau produk perawatan rambut lainnya. Setiap orang memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda-beda. Faktor genetik juga mempengaruhi keadaan kulit kepala Anda,” jelas dr. Amaranila Lalita Drijono Sp.KK. menangani masalah ketombe juga tidak hanya sebatas menggunakan shampoo anti ketombe, tapi juga harus dicek apa penyebabnya. Perlu dilakukan juga pemeriksaan sejak dini ketika memiliki masalah rambut agar penangannya tepat Karena bila tidak mendapat penanganan tepat ketombe bisa memburuk dan tumbuh jerawat atau bisul di kepala yang sudah menandakan Anda mengalami iritasi berat.  
 
GATAL, APAKAH PASTI KETOMBE?  
Kulit kepala gatal yang disertai serpihan putih di rambut hingga berjatuhan di bahu dan pakaian, ternyata bukan hanya disebabkan oleh ketombe saja loh. Rupanya hal tersebut bisa disebabkan oleh masalah lainnya seperti penjelasan berikut ini.  
 
Kulit kepala kering  
Kondisi kulit kepala yang kehilangan kelembaban. Ditandai dengan serpihan kecil dari kulit kepala, terasa gatal dan iritasi. Bisa disebabkan karena dehidrasi, perubahan cuaca, shampoo, deterjen, terlalu sering keramas, penggunaan air panas. Untuk mengatasinya, lembabkan kulit kepala dengan minyak zaitun atau minyak kepala, minum air, gunakan shampoo yang ringan, batasi penggunaan styling rambut.  
 
Dermatitis seboroik (seborrheic dermatitis)  
Kulit kepala gatal, meradang hingga menjadi kemerahan, menimbulkan ketombe dan kulit kepala bersisik. Peradangan hanya terjadi pada kulit kepala yang kelebihan produksi sebum. Karena itu, bisa saja terjadi di ketiak, alis, daerah hidung.Dan seperti ketombe, serpihannnya berwarna kekuningan.  
 
Psoriasis  
Tidak banyak yang mengetahui apa itu Psoriasis. Penyakit kulit yang kerap muncul di area kulit kepala ini sering dianggap masalah ketombe biasa karena memang bentuknya yang menyerupai ketombe. Namun Psoriasis bukanlah masalah kulit kepala yang bisa ditangani dengan kosmetik rambut saja, tetapi harus mendapat penanganan medis yang tepat.  
 Gejala Psoriasis  
Psoriasis tampak seperti bercak bersisik tebal berwarna merah, putih, atau perak yang muncul di bagian manapun pada tubuh. Munculnya Psoriasis berbeda menurut jenisnya :  
• Psoriasis vulgaris ditandai oleh bercak kulit kemerahan dengan sisik perak di atasnya. Psoriasis jenis ini menyebabkan gatal pada kulit dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.  
• Guttate Psoriasis digambarkan sebagai bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh.  
• Inverse Psoriasis ditandai oleh bercak yang kebanyakan ditemui di ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan pantat. Meskipun tidak mengakibatkan sisik, tetapi jenis ini menyebabkan peradangan merah pada kulit.  
• Pustular Psoriasis adalah salah satu jenis yang paling menyakitkan dan ditandai dengan lepuhan kekuningan penuh dengan nanah.  
• Psoriasis juga dapat muncul pada kulit kepala. Orang sering salah mengira Psoriasis ini sebagai ketombe. Penebalan kulit yang muncul berbentuk serpihan bersisik merah pada kulit.  
“Psoriasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh autoimun, atau kondisi sel kekebalan tubuh yang menyerang sel yang sehat. Secara umum, ditandai dengan munculnya bercak merah meradang di kulit, penebalan dan rasa gatal/perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik pendarahan di kulit bawahnya,” jelas Dr. Syarief Hidayat SpKK.  
Beberapa fakta mengenai penyakit ini yang harus dipahami adalah bahwa Psoriasis tidak dapat disembuhkan karena genetik, tapi gejalanya dapat diminimalisir agar tak mengganggu pasiennya. Penyakit ini tidak menular tapi dapat menyerang siapa saja. Kemungkinan penyakit ini disebabkan oleh system imunitas tubuh dan faktor gen. Meski dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal juga bisa memicu terjadinya Psoriasis. Penyakit ini dapat dipicu oleh rangsangan eksternal seperti alkohol, merokok, debu, bulu binatang, dimana setiap orang berbeda-beda pemicunya. Lalu berikutnya, Psoriasis dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh penderita, ini bisa menjadi terkena dibagian kulit kepala, tangan, kaki, hidung, bibir atas dan bahkan kelamin.  
Penanganan Psoriasis tergantung pada jenis serta tingkat keparahan gejala yang diderita pasien. Psoriasis bisa ditangani dengan obat oles, fototerapi, konsumsi obat-obatan serta suntikan. Pengobatan ini tidak bisa menyembuhkan Psoriasis namun bertujuan untuk meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.  
 
Eksim  
Menjadikan kulit kepala bersisik serta gatal, umumnya terjadi pada bayi dan anak-anak. Diduga eksim terkait dengan sistem kekebalan tubuh, riwayat asma dan alergi. Krim steroid dan pelembab yang diresepkan dokter dapat mengatasi masalah ini.  
 
Tinea kapitis  
Disebabkan karena jamur Trichophyton/Microsporum yang sering menyerang pusar kulit kepala dan dapat menyerang manusia dan hewan. Gejalanya rambut rontok, kulit meradang, bersisik/berkerak, terasa sakit, terlihat seperti ketombe, menjalar ke bagian lain dan dapat meninggalkan bekas seperti botak permanen. (NG & CR)  
 



 

Beauty & Hair

Ruko Grand Puri Niaga K6 no.5p
Jl. Puri Kencana, Kembangan
Jakarta Barat, 11610
Ph: 021-58351643
e: beautyharimagz@yahoo.com

Follow us!
 

© Beauty & Hair 2013